Sabtu, 13 Mei 2017 HMPS SI (Sistem Informasi ) Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan kegiatan workshop tentang bagaimana membuat aplikasi dengan Drag and Drop menggunakan App Inventor. App Inventor merupakan tool untuk membuat aplikasi android, yang meyenangkan dari tool ini adalah karena berbasis visual block programming, jadi kita bisa membuat aplikasi tanap haru melakukan pengkodingan. Mengapa disebut Visual block programming?, karena anda akan membuat aplikasi hanya dengan cara drag-drops “block” simbol-simbol perintah dan fungsi event handler tertentu untuk membuat sebuah aplikasi, secara sederhana kita menyebutnya -coding less atau biasa disebut tanpa menuliskan kode program amazing bukan?.

Peserta yang datang di kegiatan Workshop tersebut merupakan siswa dan siswi SMK yang ada di Kabupaten Malang. Peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop meskipun baru pertama kali mengikuti workshop android dan baru mengenal pemograman android. Pemateri di Workshop tersebut adalah mahasiswa Sistem Informasi dari universitas kanjuruhan. Materi yang disampaikan yaitu meliputi dasar-dasar App Inventor hingga membuat aplikasi android sederhana dengan menggunakan App Inventor. Alasan membuat aplikasi android dengan App Inventor adalah karena beberapa kelenihan Berikut ini adalah beberapa kelebihan membuat aplikasi android dengan menggunakan App Inventor :

  • Anda tidak perlu mengingat dan menulis instruksi. Salaj satu sumber terbesar dari kekesalan para programmer pemula adalah menulis kode program dan muncul pesan error pada jendela pesan. App Inventor membuat Anda sebagai pemula tidak akan menjadi frustrasi dalam mengembangkan aplikasi.
  • Anda hanya seperti memilih pilihan. App Inventor membuat komponen-komponen dan blok diorganisasikan pada sebuah drawer yang siap sedia untuk Anda. Anda dapat dengan mudah memprogram hanya dengan mencari blok-blok program yang sesuai. Anda tidak perlu menginat instruksi atau harus membuka menual program.
  • Hanya seperti block yang dipasangkan satu sama lain. Pemrogram dengan App inventor tidak menampilkan pesan error, akan tetapi bahasa block App inventor akan mencegah Anda untuk melakukan kesalahan di tempat pertama. Sebagai contoh, dapat memasukkan teks. Hal ini tidak dapat mencegah semua error, akan tetapi sangat membantu.
  • Anda dapat menangani event secara langsung. Bahasa pemrograman tradisional telah didesain bahwa pemrograman seperti bekerja dengan resep atau beberapa istruksi. Akan tetapi, dengan interface grafis dan khususnya untuk aplikasi mobile, event dapat terjadi kapan saja. Sebuah event handler ibarat seperti berkata “Ketika ini terjadi, aplikasi melakukan ini”. Dalam sebuah bahasa tradisional seperti Java, Anda harus memahami class, object dan objek khusus yang sering disebut listener untuk mengekspresikan sebuah event sederhana.

Dan kesenangan yang didapat jika anda membuat aplikasi adndroid  dengan menggunakan App Inventor adalah sebagai berikut:

Just For Fun. Membuat aplikasipada perangkat mobile sangatlah menyenangkan dan APP Inventor menawarkan proses eksplorasi dan discovery. Anda dapat membuat App Inventor pada sebuah web browser, hubungan ponsel Anda mulailah meletakan block. Anda dapat secara cepat melihat dan berinteraksi dengan aplikasi yang sedang Anda bangun pada ponsel Anda.

Prototype. Apakah saat ini Anda mempunyai ide untuk membuat aplikasi ? Tuangkan ide Anda menggunakan APP Inventor. Prototype adalah sebuah model kasar dan belum lengkap, akan tetapi telah mewakili ide dasar Anda.

Membangun aplikasi sesuai dengan keperibadian. Pada suatu keadaan di dunia aplikasi mobile, mungkin Anda anak berhenti pada suatu keadaan dengan aplikasi yang telah digunakan. Siapa yang tidak akan mengkomplain mengenai sebuah aplikasi yang diharapkan dapat dipersonalisasi atau disesuaikan dengan seadanya? App Inventor dapat membangun sebuah aplikasi seperti yang Anda inginkan.

Mengembangkan aplikasi secara lengkap. App Inventor tidak hanya digunakan untuk membuat prototype system atau mendesain tampilan luar. Anda dapat membangun secara utuh aplikasi tersebut menjadi sebuah aplikasi yang bersifat general purpose. Bahasa block menyediakan semua block pemrograman fundamental seperti perulangan dengan kondisi dalam bentuk form block.

Teach and learn. Tidak peduli Anda dari sekolah menengah, sekolah tinggi atau universitas, App Inventor adalah sebuah guru dan peralatan belajar yang paling efektif. Hal ini sangat baik untuk Anda yang ingin belajar tentang sains komputer. Kuncinya, Anda dapat belajar pada saat membuat aplikasi.